REVIEW KOMIK RINGGAS, KETIKA KAMU BISA KEMBALI KE MASA LALU? APA YANG BISA KAMU RUBAH


Judul Buku : RINGGAS

(MERUBAH NASIB BERSAMA SAWIT)

diterbitkan oleh BPDKPS dan PASPI

Format : Komik digital (di baca online)

Tahun terbit : Upadet terakhir, 25 Juni 2024 (English version)




Ringgas datang ke Jakarta untuk mengubah nasib. Namun, setelah tujuh tahun merantau, dia tetap tak punya apa-apa. Ayahnya meninggal, dan ekonomi keluarganya di kampung semakin terpuruk. Kini, Ringgas adalah satu-satunya tumpuan keluarga, meski hidup di Jakarta semakin menghimpit dirinya.

Suatu hari, Ringgas bangun di kamar lamanya. Saat berkaca, dia menyadari tubuhnya berubah. Dia telah kembali ke beberapa tahun silam, sebelum kebun sawit keluarganya dibangun. Tuhan seakan memberinya kesempatan kedua untuk mengubah nasib diri dan keluarganya… melalui sawit.

Dengan pengetahuan dari masa depan, Ringgas mencoba mengulang semuanya. Namun, menjadi petani sukses tidak semudah membalikkan telapak tangan. Tubuhnya kerap kali mengalami glitch saat menyentuh benda elektronik. Selain itu, dia juga harus menghadapi berbagai rintangan dari isu-isu negatif para aktivis dan oknum-oknum yang ingin menjatuhkan usaha keluarganya.

Dengan bantuan keluarga dan rekan-rekannya, Ringgas berjuang keras membangun bisnis perkebunan dan merubah kehidupan masyarakat desanya. Akankah Ringgas berhasil memanfaatkan kesempatan kedua ini dan membawa keluarganya keluar dari kemiskinan? Temukan jawabannya dalam kisah penuh perjuangan dan harapan ini!

 



Ini adalah komik digital atau komik online pertama yang aku baca, dan ini bakalan jadi review pertama aku. Deg-deg an sebenarnya. Sebenarnya komik ini bisa di baca sekali duduk saja tidak butuh waktu lama, cuma memang nulis reviewnya ini yang memerlukan waktu lama.

Pertama baca langsung suka dan takjub dengan gambarnya, gambarnya benar-benar seperti berbicara, sudah seperti menceritakan kisah dalam komik. Kombinasi warnanya juga pas sehingga tidak membuat mata perih atau cepat lelah. Dua jempol untuk pembuat gambar dalam komik RINGGAS ini.

lalu bagaimana tentang alur ceritanya?

Meski ini berkisah tentang kembali ke masa lalu, bukan berarti akan ada flash back cerita, karena memang si Ringgas ini kembali ke masa lalu, bukan untuk mengulang cerita tapi membuat alur cerita baru agar kedepannya tidak terjadi apa yang ia rasakan saat ini. Alurnya maju dan disusun dengan apik dengan rangkaian kata yang singkat tapi memperjelas semua. Meski Ringgas ibaratnya adalah manusia dari masa depan, tetapi setting waktu yang digunakan dalam cerita adalah masa lalu.

 


 

Total ada 13 chapter dengan dua pilihan bahasa yaitu bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Ada beberapa karakter dalam serial komik Ringgas ini, selain Ringgas sendiri tentunya, ada kedua orang tua Ringgas dan satu adik perempuan Ringgas yang sangat bangga kepada kakak laki-lakinya dan selalu siap sedia saat Ringgas meminta bantuan kepadanya.

Lalu ada Wanda anak dari pemilik perusahaan pengolahan sawit yang bekerja sama dengan Ringgas untuk mengelola perkebunan sawit dari desa Ringgas. Wanda ini kalau dari raut penggambaran di komik pipinya suka bersemu merah saat berhadapan dengan Ringgas, tapi karena memang fokus cerita tidak ada kisah mereka jadi cukup tahu aja apa arti pipi bersemu merah kalau setiap bertemu. wk wk wk.

Selain mereka ada banyak tokoh pendamping yang membuat cerita komik Ringgas ini makin seru dan menarik tentunya. Ada profoser yang sedang berkecimpung dalam penelitian perihal kelapa sawit, lalu ada koki masak yang menyebar berita hoax tentang samping dan masih ada beberapa tokoh lainnya.

Karakter yang paling menonjol dari cerita Ringgas adalah Ringgas dan Wanda. Ringgas dan Wanda sama-sama mempunyai karakter yang tenang dan sangat pintar dalam melihat strategi untuk memajukan usaha sawitnya dan selalu punya cara untuk menjawab semua berita yang menyudutkan perkebunan sawit mereka, istilahnya bekerja dengan cerdas mereka berdua ini.

 


 

Selain bersifat hiburan membaca komik Ringgas ini kita dibuat semakin tahu dan mengerti tentang kelapa sawit dan olahannya. Aku sendiri awalnya aku mengira kelapa sawit itu sama dengan kelapa pada umumnya, ternyata dari struktur pohon dan buahnya berbeda.

Banyak informasi perihal minyak kelapa sawit yang ada di komik Ringgas ini, antara lain bahwa kolestor itu hanya bisa dihasilkan oleh hewan dan manusia, sedangkan di minyak kelapa sawit mengandung fitosterol atau sterol nabati yang ternyata punya manfaat bagi tubuh yaitu bisa mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah dan mampu menaikkan kolesterol baik yang bermanfaat dalam kesehatan.

Selain itu minyak kelapa sawit juga mengadung vitamin A yang kandungan vitaminnya jauh lebih tinggi dibanding wortel dan pisang, selain itu kandungan vitamin E yang sangat tinggi juga ada di minyak kelapa sawit dan tentunya masih banyak informasi terkait keunggulan - keunggulan dari minyak kelapa sawit ini.

Selain kita bisa lebih mengenal dekat dengan keunggulan dari minyak kelapa sawit, membaca komik Ringgas kita seperti mendapat pembelajaran, bisa menjadi self remainder buat kita, dari Ringgas dan Wanda kita belajar bahwa menghadapi orang yang membenci kita, orang yang menyebar berita buruk tentang kita, tidak perlu dengan emosi, atau membalas perilaku mereka dengan cara seperti apa yang mereka lakukan, tapi dengan kepala dingin maka akan ada ada solusi yang lebih baik tanpa harus menyakiti banyak pihak lain, seperti mengundang mereka agar mereka bisa lebih mengenal dekat dengan kita.

Tapi ada yang aneh dari komik RINGGAS ini, aku udah baca ulang beberapa kali tapi sama sekali tidak tahu siapa penulis ceritanya dan siapa pembuat desain gambarnya, karena sungguh gambarnya indah dan bagus banget. 

Selesai membaca komik ini, aku berharap ada versi lebih panjang tanpa mengurangi alasan dibalik munculnya komik Ringgas ini. Entah berwujud dalam buku fisik atau buku digital, karena semua baik alur cerita dan gambarnya semua orang harus tahu tentang komik Ringgas ini.

Kalian bisa membaca dengan bebas, gratis komik RINGGAS ini di webiste : Baca Komik Ringgas Di Sini

Bacalah karena kalian gak bakalan rugi membacanya.

 

APA ITU BPDPKS DAN PASPI

Pasti penasaran kan dengan BPDPKS dan PASPI itu apa? Secara mereka adalah di balik layar dari Komik RINGGAS ini. 

 

BPDPKS adalah?


 

Merupakan kepanjangan dari Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit. Di mana tugas dari lembaga ini adalah mengelola dana perkebunan kelapa sawit, untuk pengelolaanya BPDPKS berada di bawah Menteri Keuangan melalui Direktorat Jendral Perbendaharaan. Tentang bagaimana pengelolaan BPDPKS dan segala yang terkait dengan perkebunan kelapa sawit bisa dilihat di situs resmi dari BPDPKS itu sendiri, yaitu beralamat di : www.bpdp.or.id

 

PASPI adalah?

Sedangkan PASPI merupakan kepanjangan dari Palm Oil Agribusiness Strategic Policy Institute. PASPI adalah organisasi nirlaba yang bertujuan memberikan analisa mengenai startegi dan kebijakan industri kelapa sawit. Silahkan berkunjung ke website resmi dari PASPI untuk mengetahui lebih banyak tentang industri kelapa sawit yang ada di Indonesia. Alamat websitenya yaitu :palmoilina.asia  atau bisa berkunjung ke media sosial dari PASPI, akun instagramnya adalah : www.instagram.com/paspi_institute/

 


 

 

 

Posting Komentar

0 Komentar